Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika
dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) lebih baik
dibandingkan kelompok siswa dengan model pembelajaran snowball throwing (ST)
pada siswa kelas VII SMP Negeri 30 Purworejo.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam
penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 30 Purworejo tahun pelajaran
2014/2015 terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas
VII E sebagai kelas eksperimen I dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen II.
Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Model
pembelajaran sebagai variable bebas dan prestasi belajar matematika setelah
dikenai perlakuan sebagai variable terikat. Instrumen pengumpulan data
menggunakan tes prestasi belajar matematika. Pengujian hipotesis menggunakan
analisis uji-t.
Berdasarkan analisis uji-t diperoleh thitung = 2.370 sedangkan ttabel = 1.678
sehingga thitung > ttabel, yang menyebabkan H0 ditolak. Kesimpulan penelitian ini
adalah prestasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran problem
based learning (PBL) lebih baik dibandingkan kelompok siswa dengan model
pembelajaran snowball throwing (ST) pada siswa kelas VII SMP Negeri 30
Purworejo tahun pelajaran 2014/2015.