Abstract:
kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan model
Missouri Mathematics Project (MMP), (2) Apakah ada peningkatan prestasi
belajar siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran
Model Missouri Mathematics Project (MMP).
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari
dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B semester II MTs
Ma’arif NU Pituruh tahun pelajaran 2014/2015 sejumlah 35 siswa. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, dan
metode dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi
kemandirian belajar siswa dan soal tes yang berupa soal uraian. Teknis analisis
data yang dilakukan setelah data diperoleh adalah deskriptif kualitatif dengan
persentase.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemandirian
belajar matematika dan prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran
Missouri Mathematics Project (MMP) pada siswa kelas VIII B MTs Ma’arif NU
Pituruh. Hal ini ditunjukkan dari persentase kemandirian belajar siswa kelas VIII
B sebesar 63,23% pada siklus I, meningkat menjadi 80,74% pada siklus II. Pada
siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal siswa kelas VIII-I tahun
pelajaran 2013/2014 sebesar 57,14% dan meningkat menjadi rerata nilai 85,4
dengan persentase 77,14% pada siklus II.