dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh prestasi
menggambar teknik mesin terhadap prestasi belajar praktik pemesinan pada siswa SMK
Pancasila 1 Kutoarjo tahun 2012/2013, (2) ada tidaknya pengaruh motivasi praktik
terhadap prestasi belajar praktik pemesinan pada siswa SMK Pancasila 1 Kutoarjotahun
2012/2013, (3) ada tidaknya pengaruh variabel prestasi menggambar teknik mesin dan
motivasi praktik terhadap prestasi belajar praktik pemesinanpada siswa SMK Pancasila
1 Kutoarjotahun 2012/2013.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptifyaitu
penelitian yang dilakukan untuk menggambarkan, menjabarkan suatu fenomena yang
ada dengan menggunakan prosedur ilmiah untuk menjawab masalah secara
aktual.Sumber data penelitian berasal dari data primer dan data sekunder sedangkan
teknik pengumpulan datanya menggunakan metode obeservasi, wawancara dan
kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Pemesinan SMK
Pancasila 1 Kutoarjo tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 38 orang. Teknik
sampling yang digunakan adalan sampling jenuh dimana populasi tersebut juga
dijadikan sampel karena jumlah sampel terlalu sedikit. Skala pengumpulan data
menggunakan angket dengan skala Linkert dimana semua intsrumen telah diuji dan
memeuhi syarat validitas dan reliabilitas. Alat analisis data menggunakan regresi, uji t,
uji F dan koefsien determinasi.
Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan sebagai berikut prestasi
menggambar teknik mesin berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar praktik
permesinan. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan dimana nilai P Value < yaitu
0,021 < 0,05 dan motivasi praktik berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar
praktik permesinan hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan dimana nilai P Value <
yaitu 0,000 < 0,05 sedagkan prestasi menggambar teknik mesin dan motivasi praktik
secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar praktik
permesinan hal ini dapat dilihat dari perhitungan yang telah dilakukan dimana nilai P
Value = 0,000 sedangkan nilai = 0,05 hal ini berarti nilai P Value lebih kecil dari
nilai . Dengan demikian dapat disimpulkan prestasi menggambar teknik dam motivasi
praktik berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar praktik pemesinan
pada siswa SMK Pancasila 1 Kutoarjo tahun pelajaran 2012/2013. |
en_US |