Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui apakah ada
peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah
(Problem Based Learning) pada standar kompetensi sistem AC di kelas XI
kompetensi keahlian Teknik Ototronik SMK Taman Karya Madya Pertambangan
Kebumen tahun pelajaran 2013/2014, (2) Untuk mengetahui seberapa besar
peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah
(Problem Based Learning) pada standar kompetensi sistem AC di kelas XI
kompetensi keahlian Teknik Ototronik SMK Taman Karya Madya Pertambangan
Kebumen tahun pelajaran 2013/2014.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Populasi yang
digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI kompetensi keahlian
Teknik Ototronik 3 SMK Taman Karya Madya Pertambangan Kebumen tahun
pelajaran 2013/ 2014 yang berjumlah 40 siswa. Cara pengambilan sampel dalam
penelitian ini dilakukan dengan teknik Sampling Jenuh, yaitu teknik pengambilan
sampel dimana seluruh populasi menjadi sampel penelitian. Sampel penelitian ini
adalah kelas XI OTO 3. Pengumpulan data menggunakan metode tes. Teknik
analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Penerapan Model
Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar praktek siswa
kelas XI OTO 3 SMK Taman Karya Madya Pertambangan Kebumen. Hal itu
dapat dilihat dari peningkatan rata-rata nilai hasil belajar pada pra siklus sebesar
72.5, pada siklus 1 sebesar 77.3 dan pada sisklus 2 sebesar 81.7. Selain itu juga
dilihat dari peningkatan ketuntasan belajar siswa pada pra siklus sebanyak 13
siswa (32.5%), pada siklus 1 sebanyak 25 siswa (62.5%) dan pada sisklus 2
sebanyak 40 siswa (100%).