Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Meningkatkan Hasil Belajar Praktik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) pada Standar Kompetensi Sistem AC di Kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Ototronik SMK Taman Karya Madya Pertambangan Kebumen

Show simple item record

dc.contributor.author Budiharyanto, Teguh
dc.date.accessioned 2018-02-13T06:35:27Z
dc.date.available 2018-02-13T06:35:27Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2409
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) pada standar kompetensi sistem AC di kelas XI kompetensi keahlian Teknik Ototronik SMK Taman Karya Madya Pertambangan Kebumen tahun pelajaran 2013/2014, (2) Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) pada standar kompetensi sistem AC di kelas XI kompetensi keahlian Teknik Ototronik SMK Taman Karya Madya Pertambangan Kebumen tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI kompetensi keahlian Teknik Ototronik 3 SMK Taman Karya Madya Pertambangan Kebumen tahun pelajaran 2013/ 2014 yang berjumlah 40 siswa. Cara pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Sampling Jenuh, yaitu teknik pengambilan sampel dimana seluruh populasi menjadi sampel penelitian. Sampel penelitian ini adalah kelas XI OTO 3. Pengumpulan data menggunakan metode tes. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar praktek siswa kelas XI OTO 3 SMK Taman Karya Madya Pertambangan Kebumen. Hal itu dapat dilihat dari peningkatan rata-rata nilai hasil belajar pada pra siklus sebesar 72.5, pada siklus 1 sebesar 77.3 dan pada sisklus 2 sebesar 81.7. Selain itu juga dilihat dari peningkatan ketuntasan belajar siswa pada pra siklus sebanyak 13 siswa (32.5%), pada siklus 1 sebanyak 25 siswa (62.5%) dan pada sisklus 2 sebanyak 40 siswa (100%). en_US
dc.publisher PTO-FKIP en_US
dc.subject Hasil Praktik, Model Problem Based Learning en_US
dc.title Meningkatkan Hasil Belajar Praktik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) pada Standar Kompetensi Sistem AC di Kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Ototronik SMK Taman Karya Madya Pertambangan Kebumen en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account