Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa
dengan metode Learning Cycle dalam pembelajaran chasis otomotif tingkat XI SMK
Cipta Karya Prembun tahun pelajaran 2013/2014, dan mengetahui presentase
peningkatan hasil kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran chasis otomotif
tingkat XI SMK Cipta Karya Prembun tahun pelajaran 2013/2014
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan
di SMK Cipta Karya Prembun. Subjek penelitian ini adalah siswa tingkat XI TKR A
yang berjumlah 40 siswa yang terdiri dari 38 laki- laki dan 2 perempuan. Metode
yang digunakan dalam pengumpulan data adalah melalui metode tes dan metode
observasi. Untuk analisis data hasil kemampuan berpikir kritis dilakukan dengan
deskriptif kuantitatif yaitu menghitung nilai rata-rata siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan metode Learning
Cycle dengan pembentukan kelompok dalam pelaksanaan evaluasi belajar siswa
tingkat XI TKR A dalam pembelajaran chasis otomotif mengalami peningkatan. Hal
ini diketahui dari hasil belajar siswa, pada siklus 1 ketuntasan klasikal 77,50%
dimana siswa yang belum berhasil mencapai KKM ( Kriteria Ketuntasan Minimal ) 9
siswa, siswa yang sudah berhasil adalah 31 siswa dan nilai rata-rata 72,92. Pada
siklus 2 mengalami peningkatan yang signifikan dimana ketuntasan klasikal
mencapai 87,50% dimana siswa yang belum berhasil mencapai KKM ( Kriteria
Ketuntasan Minimal ) tinggal 5 siswa, siswa yang sudah berhasil adalah 35 siswa dan
nilai rata-ratanya juga naik menjadi 75,63.