Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penerapan Model Pembelajaran Siklus Belajar ( Learning Cycle ) Sebagai Upaya Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMK Cipta Karya Prembun Tahun 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Sulaiman, Muchamad
dc.date.accessioned 2018-02-13T06:42:39Z
dc.date.available 2018-02-13T06:42:39Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2411
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa dengan metode Learning Cycle dalam pembelajaran chasis otomotif tingkat XI SMK Cipta Karya Prembun tahun pelajaran 2013/2014, dan mengetahui presentase peningkatan hasil kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran chasis otomotif tingkat XI SMK Cipta Karya Prembun tahun pelajaran 2013/2014 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan di SMK Cipta Karya Prembun. Subjek penelitian ini adalah siswa tingkat XI TKR A yang berjumlah 40 siswa yang terdiri dari 38 laki- laki dan 2 perempuan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah melalui metode tes dan metode observasi. Untuk analisis data hasil kemampuan berpikir kritis dilakukan dengan deskriptif kuantitatif yaitu menghitung nilai rata-rata siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan metode Learning Cycle dengan pembentukan kelompok dalam pelaksanaan evaluasi belajar siswa tingkat XI TKR A dalam pembelajaran chasis otomotif mengalami peningkatan. Hal ini diketahui dari hasil belajar siswa, pada siklus 1 ketuntasan klasikal 77,50% dimana siswa yang belum berhasil mencapai KKM ( Kriteria Ketuntasan Minimal ) 9 siswa, siswa yang sudah berhasil adalah 31 siswa dan nilai rata-rata 72,92. Pada siklus 2 mengalami peningkatan yang signifikan dimana ketuntasan klasikal mencapai 87,50% dimana siswa yang belum berhasil mencapai KKM ( Kriteria Ketuntasan Minimal ) tinggal 5 siswa, siswa yang sudah berhasil adalah 35 siswa dan nilai rata-ratanya juga naik menjadi 75,63. en_US
dc.publisher PTO-FKIP en_US
dc.subject Model Siklus Belajar ( Learning Cycle ), Berpikir Kritis en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Siklus Belajar ( Learning Cycle ) Sebagai Upaya Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMK Cipta Karya Prembun Tahun 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account