dc.description.abstract |
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan
pembelajaran AutoCad 2008 pada mata diklat Gambar Teknik Otomotif Dasar,
mengetahui kelayakan pembelajaran AutoCad 2008 yang diterapkan pada mata
diklat Gambar Teknik Otomotif Dasar dan mengetahui ada atau tidaknya
peningkatan prestasi siswa kelas X Teknik Otomotif SMK Wongsorejo
Gombong pada pembelajaran mata diklat Gambar Teknik Otomotif Dasar yang
menggunakan program AutoCad 2008.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and
Development) yang dilakukan di Jurusan Teknik Otomotif SMK Wongsorejo
Gombong. Subjek penelitian ini siswa Teknik Otomotif kelas X (sepuluh) SMK
Wongsorejo Gombong. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
kuesioner (angket) dan soal (pretest-posttest). Teknik analisis data dilakukan
dengan deskriptif kuantitatif dan membandingkan hasil uji penerapan pretestposttest
antara kelas yang menggunakan AutoCad 2008 dan kelas yang tidak
menggunakan pembelajaran AutoCad 2008.
Hasil penelitian ini adalah berupa pembelajaran AutoCad 2008 dengan tahap
penerapan yaitu: (1) observasi, (2) Analisis Kebutuhan, (3) Mendesain
pembelajaran AutoCad 2008, (4) Validasi pembelajaran AutoCAD 2008 oleh ahli
materi (5) Uji coba kelompok kecil, (6) Revisi tahap 1, (7) Uji coba kelompok
besar, (8) Revisi tahap 2, (9) Penerapan pembelajaran Auto CAD 2008/ uji
efektifitas dan (10) Produk akhir. Pembelajaran Auto CAD dinyatakan layak
berdasarkan uji kelayakan produk menurut ahli materi dengan persentase
kelayakan 85,45%, penilain dari dosen ahli materi dengan persentase total 86%,
penilain ahli materi oleh guru mata diklat dengan persentase 90,44%, uji
kelompok kecil dengan persentase 82,89% dan uji kelompok besar 81,64%.
Pembelajaran dengan AutoCad 2008 telah teruji keefektifannya dengan hasil nilai
rata-rata kelas dengan pembelajaran AutoCad 2008 lebih tinggi di banding kelas
yang tidak menggunakannya. Dari hasil uji di atas dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran Auta Cad 2008 yang diterapkan layak digunakan sebagai
pendukung proses pembelajaran pada mata diklat Gambar Teknik Otomotif Dasar
dan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. |
en_US |