Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penerapan Pembelajaran AutoCAD 2008 Mata Pelajaran Gambar Teknik Otomotif Dasar Untuk Meningkatkan Prestasi siswa kelas X Teknik Otomotif SMK Wongsorejo Gombong

Show simple item record

dc.contributor.author Moris, Wahyu Alam
dc.date.accessioned 2018-02-13T06:45:48Z
dc.date.available 2018-02-13T06:45:48Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2413
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan pembelajaran AutoCad 2008 pada mata diklat Gambar Teknik Otomotif Dasar, mengetahui kelayakan pembelajaran AutoCad 2008 yang diterapkan pada mata diklat Gambar Teknik Otomotif Dasar dan mengetahui ada atau tidaknya peningkatan prestasi siswa kelas X Teknik Otomotif SMK Wongsorejo Gombong pada pembelajaran mata diklat Gambar Teknik Otomotif Dasar yang menggunakan program AutoCad 2008. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang dilakukan di Jurusan Teknik Otomotif SMK Wongsorejo Gombong. Subjek penelitian ini siswa Teknik Otomotif kelas X (sepuluh) SMK Wongsorejo Gombong. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner (angket) dan soal (pretest-posttest). Teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif kuantitatif dan membandingkan hasil uji penerapan pretestposttest antara kelas yang menggunakan AutoCad 2008 dan kelas yang tidak menggunakan pembelajaran AutoCad 2008. Hasil penelitian ini adalah berupa pembelajaran AutoCad 2008 dengan tahap penerapan yaitu: (1) observasi, (2) Analisis Kebutuhan, (3) Mendesain pembelajaran AutoCad 2008, (4) Validasi pembelajaran AutoCAD 2008 oleh ahli materi (5) Uji coba kelompok kecil, (6) Revisi tahap 1, (7) Uji coba kelompok besar, (8) Revisi tahap 2, (9) Penerapan pembelajaran Auto CAD 2008/ uji efektifitas dan (10) Produk akhir. Pembelajaran Auto CAD dinyatakan layak berdasarkan uji kelayakan produk menurut ahli materi dengan persentase kelayakan 85,45%, penilain dari dosen ahli materi dengan persentase total 86%, penilain ahli materi oleh guru mata diklat dengan persentase 90,44%, uji kelompok kecil dengan persentase 82,89% dan uji kelompok besar 81,64%. Pembelajaran dengan AutoCad 2008 telah teruji keefektifannya dengan hasil nilai rata-rata kelas dengan pembelajaran AutoCad 2008 lebih tinggi di banding kelas yang tidak menggunakannya. Dari hasil uji di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Auta Cad 2008 yang diterapkan layak digunakan sebagai pendukung proses pembelajaran pada mata diklat Gambar Teknik Otomotif Dasar dan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. en_US
dc.publisher PTO-FKIP en_US
dc.subject Menerapkan pembelajaran AutoCad 2008, Gambar Teknik Otomotif Dasar en_US
dc.title Penerapan Pembelajaran AutoCAD 2008 Mata Pelajaran Gambar Teknik Otomotif Dasar Untuk Meningkatkan Prestasi siswa kelas X Teknik Otomotif SMK Wongsorejo Gombong en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account