Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penggunaan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran gambar Teknik Siswa Kelas X SMK Puspajati Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Sudarsono, Bambang
dc.date.accessioned 2018-02-13T06:47:02Z
dc.date.available 2018-02-13T06:47:02Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2415
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik siswa kelas X SMK Puspajati Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa TKR XA SMK Puspajati Buluspesantren yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 27 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan metode tes. Analisis data diolah dengan menghitung rerata dan menggunakan presentasi rerata. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode tutor sebaya dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa setelah siklus I dan Siklus II. Ketika siklus I yang hanya mencapai KKM sebanyak 46,66% dengan rata-rata 69,54 dan meningkat pada siklus II, KKM 76,67% dengan rata-rata 73,03. en_US
dc.publisher PTO-FKIP en_US
dc.subject Pembelajaran Tutor Sebaya, Hasil Belajar en_US
dc.title Penggunaan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran gambar Teknik Siswa Kelas X SMK Puspajati Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account