Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: tingkat prestasi mata kuliah
micro teaching dan praktik industri terhadap kesiapan mahasiswa praktik
pengalaman lapangan (PPL) Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Populasi penelitian diambil dari mahasiswa transfer program studi
pendidikan otomotif angakatan 2013 sebanyak 14 mahasiswa Universitas
Muhammadiyah Purworejo dan jumlah sampel yang diambil dari 10 mahasiswa.
Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan nilai mata kuliah micro
teaching dan nilai praktik industri yang masing-masing sudah diuji cobakan dan
telah memenuhi syarat validasi dan reabilitas. Analisa data menggunakan analisa
varian satuarah ( ANOVA )
Setelah dianalisis dengan analisa varian satu arah menunjukkan bahwa
pengaruh micro teaching dan praktik industri memberikan pengaruh yang nyata
terhadap kesiapan mahasiswa praktek pengalaman lapangan (PPL). Berdasarkan
perhitungan korelasi parsial menunjukan bahwa : (1) rxy= 3,674; sig<0,05
terhadap kesiapan mahasiswa PPL program studi pendidikan teknik otomotif dan
setelah dianalisis regresi ganda menunjukan (X2 = tidak linier, , Y:8,611 + 0,0875
X1adalahLinier ) terhadap kesiapan mahasiswa PPL program studi pendidikan
universitas Muhammadiyah Purworejo. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa secara umum peranan microteaching dan praktik industri berpengaruh
terhadap kesiapan mahasiswa PPL program studi pendidikan teknik otomotif
Universitas Muhammadiyah purworejo.