Abstract:
Seiring perkembangan jaman dan jumlah penduduk Indonesia yang besar
dengan pertumbuhan perkapita yang tergolong tinggi merupakan potensi yang
sangat besar bagi industry makanan olahan, termasuk fastfood. Ketersediaan
makanan cepat saji semakin dibutuhkan sejalan dengan meningkatnya mobilitas
masyarakat, terutama di kawasan perkotaan. Penelitian ini bertujuan untuk
menguji apakah customer experience, customer expectation, dan customer
satisfaction secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer
loyalty pada pelanggan Olive Chicken di Purworejo.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua pelanggan Olive Chicken di
Purworejo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan
teknik purposive sampling, dengan sampel sebanyak 100 orang. Instrumen
pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang telah
diujicobakan dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang
digunakan adalah regresi linier berganda dan pengujian hipotesis dengan SPSS
versi 16.
Hasil analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis menunjukkan
bahwa variabel customer experience, customer expectation dan customer
satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty secara
parsial.