dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan keaktifan belajar siswa
dengan metode Numbered Head Together ( NHT ) pada mata pelajaran kelistrikan
otomotif kelas XI otomotif 3 SMK Ma’arif 9 Kebumen tahun pelajaran 2013 /
2014.
Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian tindakan kelas
(Classrom Action Research) Penelitian ini dilakukan di SMK Ma’arif 9 Kebumen.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI otomotif 3 yang berjumlah
duapuluh delapan siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode angket keaktifan siswa. Data yang telah terkumpul
dianalisis dengan membandingkan hasil tindakan dalam tiap siklus dengan
indikator keberhasilan tindakan yang telah ditetapkan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah diterapkan metode NHT
dengan pembentukan tim dalam pembelajaran, keaktifan belajar siswa mengalami
peningkatan. Hal ini diketahui dari angket keaktifan siswa yang diperoleh dari tiap
siklus, bahwa pada siklus I didapatkan data keaktifan belajar siswa mencapai
74,07% atau sejumlah 20 siswa, sedangkan pada siklus II keaktifan belajar siswa
mengalami peningkatan menjadi 77,78% atau sejumlah 21 siswa. Kesimpulan dari
penelitian ini adalah metode NHT (Numbered Head Together) dapat diterapkan di
SMK Ma’arif 9 Kebumen dan metode Numbered Head Together dapat
meningkatkan keaktifan belajar siswa. |
en_US |