Abstract:
Dengan adanya persaingan antara satu perusahaan dengan perusahaan lain
brand community sangat dibutuhkan bagi perusahaan industri sepeda motor untuk
lebih memperhatikan keinginan dan kebutuhan konsumen agar terciptanya loyalitas
merek. Brand community mengacu pada kumpulan konsumen atas dasar
penggunaan bersama dari satu merek, dalam persaingan industri sepeda motor
dipergunakan untuk membedakan pengguna satu merek dengan merek lain.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: pengaruh consciousness of kind
terhadap brand loyalty pengguna yamaha byson pada komunitas byonic wilayah
Kedu, pengaruh ritual and tradition terhadap brand loyalty pengguna yamaha
byson pada komunitas byonic wilayah Kedu dan pengaruh moral responsibility
terhadap brand loyalty pengguna yamaha byson pada komunitas byonic wilayah
Kedu.
Populasi penelitian semua komunitas byonic wilayah Kedu berjumlah 206
anggota resmi. Sampel penelitian berjumlah 136 responden, ditentukan dengan
menggunakan rumus slovin. Dari jumlah sample tersebut kemudian ditentukan
jumlah sampel pada masing-masing wilayah komunitas byonic wilayah Kedu
secara proportional. Pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling
Purposive. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert
yang masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan
realiabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier berganda.
Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa consciousness of
kind, ritual and tradition dan moral responsibility berpengaruh positif dan
signifikan terhadap brand loyalty pada pengguna yamaha byson.