Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk : 1) Mengetahui jalur pemasaran dan
kinerja jalur pemasaran susu kedelai yang ada di Kabupaten Purworejo. 2)
Menganalisis kinerja jalur pemasaran dengan komponen pencapaian target
penjualan (X1), tingkat kenaikan penjualan (X2), tingkat kenaikan jumlah
pelanggan (X3) berpengaruh terhadap prospek pasar (Y) pada home industri
susu kedelai di Kabupaten Purworejo.
Penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah studi kasus
sehingga berdasarkan pertimbangan tujuan penelitian, maka penelitian ini
akan bersifat deskriptif dan analitik. Sasaran penelitian ini ditujukan terhadap
home industri susu kedelai di Kabupaten Purworejo, dengan aspek-aspek
yang akan menjadi bahan penelitian adalah kinerja jalur pemasaran dan
prospek pasar.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan
bahwa: 1) Jalur pemasaran dan kinerja jalur pemasaran susu kedelai yang ada
di Kabupaten Purworejo paling banyak yaitu dari produsen ke pengecer
langsung ke konsumen. 2) Kinerja jalur pemasaran dengan komponen
pencapaian target penjualan (X1) tidak berpengaruh terhadap prospek pasar
dengan ditunjukkan bahwa rhitung (0,033) < rtabel (0,549), sedangkan pada
komponen tingkat kenaikan penjualan (X2) memberikan pengaruh terhadap
prospek pasar ditunjukkan dengan bahwa rhitung (0,708) > rtabel (0, 549).
Komponen tingkat kenaikan jumlah pelanggan (X3) juga tidak memberikan
pengaruh terhadap prospek pasar ditunjukkan bahwa rhitung (0,373) < rtabel
(0,549).
Berdasarkan kesimpulan dalam penelitian ini, maka penulis
memberikan saran kepada produsen susu kedelai untuk: 1) Meningkatkan
promosi. 2) Memperluas pemasaran produk. 3) Memperhatikan kualitas
produk.