Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan gaya bahasa dalam
novel Pacar Gadhing karya Tamsir A.S. (2) mendeskripsikan nilai-nilai
pendidikan dalam novel Pacar Gadhing karya Tamsir A.S.
Objek dalam penelitian ini yaitu gaya bahasa dan nilai-nilai pendidikan
yang terkandung dalam novel Pacar Gadhing karya Tamsir A.S. Subjek
penelitiannya adalah novel Pacar Gadhing karya Tamsir A.S. instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah buku pencatat, bolpoint, serta buku-buku
yang relevan yang dapat mendukung sebagai bahan acuan. Teknik pengumpulan
data penulis menggunakan teknik pustaka dan teknik catat yaitu dengan cara: (1)
membaca secara teliti dan kritis novel Pacar Gadhing karya Tamsir A.S. (2)
mengidentifikasi gaya bahasa dan nilai pendidikan dalam novel Pacar Gadhing
karya Tamsir A.S. (3) mencatat data yang berhubungan dengan gaya bahasa dan
nilai pendidikan dalam novel Pacar Gadhing karya Tamsir A.S. (4) mencatat
dalam kartu data.
Hasil penelitian dan pembahasan data menunjukan gaya bahasa yang
terdapat dalam novel Pacar Gadhing karya Tamsir A.S adalah (a) gaya bahasa
metafora, (b) gaya bahasa hiperbola, (c) gaya bahasa metonimia, (d) gaya bahasa
personifikasi, (e) gaya bahasa alusi, (f) gaya bahasa ironi, (g) gaya bahasa
sinekdoke, dan (h) gaya bahasa satire. Nilai-nilai pendidikan mencakup (1) nilai
pendidikan budaya, (2) nilai pendidikan religi, (3) nilai pendidikan sosial (4) nilai
pendidikan moral