Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pembelajaran
berbicara pengalaman pribadi dengan peta konsep, pengaruh peta konsep terhadap
aktivitas belajar, dan peningkatan keterampilan berbicara pengalaman pribadi siswa
kelas VIIIA Mts Al-Mu’min Sembirkadipaten Kebumen.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini
adalah siswa dan guru bahasa Jawa MTs Al-Mu’min Sembirkadipaten Kebumen.
Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, angket, observasi,
rekaman, dan penilaian berbicara. Teknik analisis data menggunakan teknik kuantitatif
dan kualitatif.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah pembelajaran
berbicara pengalaman pribadi dengan teknik peta konsep siswa kelas VIIIA MTs
Al-Mu’min Sembirkadipaten Kebumen terdiri dari lima pertemuan, yaitu pratindakan
satu pertemuan, siklus I dua pertemuan, dan siklis II dua pertemuan. Peningkatan
aktivitas belajar, terlihat dari siswa yang lebih konsentrasi, antusias, aktif
bertanya, dan aktif memberikan penilaian terhadap teman. Peningkatan pada
produk pembelajaran, dapat dilihat dari perolehan rata-rata skor siswa. Pada tahap
pratindakan skor rata-rata siswa sebesar 20,15 dengan nilai rata-rata 57,3. Pada
siklus I hasil mencapai 22,5 atau memperoleh nilai 62,6, dan pada siklus II hasil
mencapai 27,3 atau memperoleh nilai 77,8. Dengan demikian, pembelajaran
keterampilan berbicara pengalaman pribadi siswa kelas VIIIA MTs Al-Mu’min
Sembirkadipaten Kebumen mengalami peningkatan, baik secara proses maupun
hasil setelah diberi tindakan dengan teknik peta konsep.