Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan motivasi
belajar siswa setelah diterapkanya metode PQ4R pada materi pekerjaan dasar
teknik otomotif di SMK Negeri 1 Nganjuk tahun pelajaran 2014/2015. Dengan
subyek penelitian siswa kelas X TKR yang berjumlah 30 siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan
dalam dua siklus, masing-masing silkus terdiri dari empat tahap yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini menggunakan
metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review). Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket motivasi siswa. Data
yang diperoleh dianalisis dengan persentase motivasi belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar siswa mengalami
peningkatan pada tiap siklus. Pada siklus I motivasi belajar siswa sebesar 65%
mengalami peningkatan sebesar 10% dari sebelum adanya tindakan kelas,
sedangkan pada siklus II motivasi belajar siswa sebesar 79% mengalami
peningkatan sebesar 14% dari siklus I.