Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENERAPAN METODE PQ4R ( PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW ) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF DI SMK NEGERI 1 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Show simple item record

dc.contributor.author Sunarno
dc.date.accessioned 2018-02-13T07:38:12Z
dc.date.available 2018-02-13T07:38:12Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2455
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan motivasi belajar siswa setelah diterapkanya metode PQ4R pada materi pekerjaan dasar teknik otomotif di SMK Negeri 1 Nganjuk tahun pelajaran 2014/2015. Dengan subyek penelitian siswa kelas X TKR yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing silkus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini menggunakan metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket motivasi siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan persentase motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan pada tiap siklus. Pada siklus I motivasi belajar siswa sebesar 65% mengalami peningkatan sebesar 10% dari sebelum adanya tindakan kelas, sedangkan pada siklus II motivasi belajar siswa sebesar 79% mengalami peningkatan sebesar 14% dari siklus I. en_US
dc.publisher Otomotif-FKIP en_US
dc.subject Metode PQ4R, motivasi , pekerjaan dasar teknik otomotif. en_US
dc.title PENERAPAN METODE PQ4R ( PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW ) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF DI SMK NEGERI 1 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014/2015 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account