Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan motivasi belajar siswa melalui
pembelajaran berbasis tugas pada mata diklat pemeliharaan sistem bahan bakar
bensin, 2) meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran berbasis tugas.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan
dalam dua siklus. Subyek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas XI Program
Keahlian Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 1 Gondang Nganjuk tahun ajaran
2014/2015, yang berjumlah 25 orang yang terdiri dari 25 siswa laki-laki.
Analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif untuk mencari persentase
rata-rata motivasi dan hasil belajar siswa.
Hasil penelitian ini adalah bahwa motivasi dan hasil belajar siswa meningkat
dari tiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata
motivasi siswa dari pra siklus dengan persentase 58,06% berkategori kurang,
naik menjadi 72,70% berkategori cukup dan semakin meningkat pada siklus II
yaitu sebesar 81,29%. Hasil belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya hasil
pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran berbasis tugas berdasarkan
persentase siswa yang memenuhi standar kompetensi pada pra siklus sebesar
20%, pada siklus I meningkat sebesar 52% naik menjadi 80% pada siklus II.