Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis
cerkak dan aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis cerkak dengan
menggunakan media lagu “kere munggah mbale” karya Didi Kempot. Penelitian
ini menekankan masalah pada: (1) langkah-langkah pembelajaran keterampilan
menulis cerkak melalui media lagu “kere munggah mbale” karya Didi Kempot
pada Siswa Kelas X TKJ 2 SMK Nurussalaf Kemiri tahun ajaran 2013/2014; (2)
pengaruh media lagu “kere munggah mbale” karya Didi Kempot terhadap
aktivitas belajar Siswa Kelas X TKJ 2 SMK Nurussalaf Kemiri tahun ajaran
2013/2014; (3) peningkatan keterampilan menulis cerkak Siswa Kelas X TKJ 2
SMK Nurussalaf Kemiri tahun ajaran 2013/2014 setelah mendapat pembelajaran
menggunakan media lagu “kere munggah mbale” karya Didi Kempot.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ 2 SMK Nurussalaf
Kemiri yang berjumlah 30 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
tindakan kelas (PTK) dengan desain menurut Kemmis dan Mc Taggart.
Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan
refleksi. Pelaksanaan tindakan dalam siklus I dan II yaitu dengan menggunakan
media lagu “kere munggah mbale” karya Didi Kempot. Teknik pengumpulan
data pada penelitian ini menggunakan tes dan nontes yang berupa lembar
pengamatan dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini yaitu menggunakan
lembar penilaian berupa tes menulis cerkak dan lembar pengamatan. Teknik
analisis data menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif.
Hasil analisis data pada pembelajaran menulis cerkak yaitu (1) langkahlangkah
pembelajaran menulis cerkak terdiri dari tiga pertemuan yaitu prasiklus,
siklus I, dan siklus II. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan,
pengamatan, dan refleksi. Pelaksanaan tindakan dalam siklus I dan II menggunakan
media lagu “kere munggah mbale” karya Didi Kempot; (2) pengaruh
media lagu “kere munggah mbale” karya Didi Kempot dapat meningkatkan
aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran menulis cerkak. Pada prasiklus
mencapai 53,3%, pada siklus I mencapai 73,3% , dan pada siklus II meningkat
mencapai 86,7%. Kegiatan aktivitas guru dan kegiatan pembelajaran juga
meningkat dari prasiklus sampai ke siklus II; (3) nilai keterampilan menulis
cerkak mengalami peningkatan setiap siklusnya. Rata-rata nilai keterampilan
menulis cerkak pada prasiklus sebesar 56, rata-rata siklus I sebesar 69,83, dan
rata-rata siklus II sebesar 76,5. Peningkatan keterampilan menulis cerkak pada
prasiklus ke siklus I adalah 13,83, siklus I ke siklus II adalah 6,67, prasiklus ke
siklus II adalah 20,5.