Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi lisan dan
motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran melaluimodel pembelajaran
Student Facilitator And Explaining (SFAE) berbantuan mind mapping tahun
pelajaran 2013/2014.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dari
penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Mojotengah, yang
berjumlah 32 siswa terdiri dari13 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Faktor
yang diteliti yaitu berupa peningkatan komunikasi lisan dan motivasi belajar
siswa. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dalam bentuk persentase.
Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaanmodel
pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) berbantuan mind
mappingdapat meningkatkan komunikasi lisan dan motivasi belajar pada siswa.
Hal ini ditandai dengan meningkatnya komunikasi lisan dan motivasi belajar
siswa pada tiap siklusnya. Motivasi belajar siswa terjadi peningkatan dari 47,50 %
menjadi 57,50 % setelah diberi tindakan.Hal ini dapat mempengaruhi hasil belajar
siswa yang mengalami peningkatan dari 63,75 % menjadi 77,81 % setelah diberi
tindakan atau dapat dikatakan bahwa penggunaanmodel pembelajaran Student
Facilitator And Explaining (SFAE) berbantuan mind mapping dapat
meningkatkan komunikasi lisan dan motivasi belajar pada siswa.