Abstract:
Telah dilakukan penelitian kualitatif guna mengidentifikasi: 1) faktor-faktor
yang melatarbelakangi warga masuk SMP Terbuka berdasar keadaan ekonomi
orang tua; 2) kondisi geografis yang melatarbelakangi warga masuk SMP
Terbuka; dan 3) kesempatan belajar yang melatarbelakangi warga masuk SMP
Terbuka
Subjek dalam penelitian ini terdiri siswa, kepala sekolah dan orang
tua/wali siswa SMP Terbuka Kepil, SMP Terbuka Sapuran serta SMP Terbuka
Kalikajar. Data dikumpulkan menggunakan metode kuesioner dan metode
wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif.
Analisis kuantitatif menggunakan teknik persentase. Analisis data secara kualitatif
menggunakan teknik analisis adopsi model interaktif Miles & Huberman (reduksi
data, display data, analisis data dan penarikan kesimpulan).
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh bahwa Keadaan
ekonomi orang tua siswa yang masuk SMP Terbuka, rata-rata bekerja sebagai
petani dengan pendapatan dan aset yang kecil sehingga tingkat eknominya rendah.
Kondisi ini mengakibatkan fasilitas yang dimiliki minim. Siswa di SMP Terbuka
Wonosobo bertempat tinggal jauh dari pusat kota maupun sekolah terdekat
dengan waktu tempuh yang lama. Hal tersebut membuat biaya transport menjadi
mahal. Kondisi jalan yang kurang memadai membuat terbatasnya alat transportasi
umum. Siswa masuk SMP Terbuka karena memiliki aktivitas lain selain sekolah
sehingga waktu untuk bersekolah menjadi kurang. Namun demikian, siswa
mendapat dukungan untuk mengikuti aktivitas sekolah.