Abstract:
Telah dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) guna mengetahui
peningkatan kemampuan analisis siswa pada pembelajaran fisika dengan
menggunakan metode pembelajaran aktif type firing line.
Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 6
Purworejo yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 15
siswa perempuan. Instrument pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
metode observasi, metode tes siklus, dan metode angket. Pengolahan data
dilakukan dengan teknik persentase.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan metode
pembelajaran aktif type firing line pada pembelajaran fisika dapat meningkatkan
kemampuan analisis siswa SMP Negeri 6 Purworejo kelas VIII. Kemampuan
Analisis fisika siswa pada tahap pra siklus adalah 42,968%, meningkat menjadi
71,429% setelah diberi tindakan pada siklus I, dan meningkat menjadi 77,679%
setelah diberi tindakan pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran
menggunakan metode pembelajaran aktif type firing line dapat digunakan sebagai
alternatif pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan kemampuan analisis
siswa dalam pembelajaran fisika.