Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penggunaan Metode Pembelajaran Aktif Type Firing Line untuk Peningkatan Kemampuan Analisis Pada Pembelajaran Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author R, Dio Roka Pratama
dc.date.accessioned 2018-02-13T08:10:01Z
dc.date.available 2018-02-13T08:10:01Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2479
dc.description.abstract Telah dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) guna mengetahui peningkatan kemampuan analisis siswa pada pembelajaran fisika dengan menggunakan metode pembelajaran aktif type firing line. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 6 Purworejo yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Instrument pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, metode tes siklus, dan metode angket. Pengolahan data dilakukan dengan teknik persentase. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran aktif type firing line pada pembelajaran fisika dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa SMP Negeri 6 Purworejo kelas VIII. Kemampuan Analisis fisika siswa pada tahap pra siklus adalah 42,968%, meningkat menjadi 71,429% setelah diberi tindakan pada siklus I, dan meningkat menjadi 77,679% setelah diberi tindakan pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran menggunakan metode pembelajaran aktif type firing line dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan kemampuan analisis siswa dalam pembelajaran fisika. en_US
dc.publisher Pendidikan Fisika-FKIP en_US
dc.subject Metode Pembelajaran Aktif Type Firing Line, Kemampuan Analisis en_US
dc.title Penggunaan Metode Pembelajaran Aktif Type Firing Line untuk Peningkatan Kemampuan Analisis Pada Pembelajaran Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account