Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa terhadap
pembelajaran sains (Fisika), sehingga penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
motivasi belajar siswa dengan menerapkan metode inkuiri Khususnya mata
pelajaran fisika pada siswa kelas X SMK Widya Kutoarjo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini
dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X
SMK Widya Kutoarjo yang berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data dilakukan
dengan menggunakan metode observasi, metode tes siklus, dan metode angket.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan strategi pembelajaran
inkuiri dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan motivasi
belajar pada siswa kelas X SMK Widya Kutoarjo. Peningkatan motivasi belajar
tersebut ditunjukkan oleh adanya peningkatan nilai rata-rata yaitu sebelum
dikenakan tindakan (kondisi awal) motivasi belajar terhadap pembelajaran fisika
yaitu sebesar 37,20%, setelah dikenai tindakan pada siklus I motivasi belajar
terhadap pembelajaran fisika meningkat menjadi 50,80%, dan pada siklus II
prosentase motivasi naik menjadi 74,0%. Dengan demikian metode pembelajaran
inkuiri dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X SMK Widya Kutoarjo
khususnya dalam mata pelajaran Fisika.