Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang sering muncul pada
mahasiswa yang aktif berorganisasi seperti pembagian waktu, cara belajar juga
terlalu aktifnya mahasiswa dalam organisasi, sehingga menimbulkan persepsi
pada masing-masing mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap
pengaruh keaktifan berorganisasi dan konsep diri terhadap indeks prestasi
mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah
Purworejo tahun akademik 2013/2014.
Populasi penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika
tahun akademik 2013/2014 dan dipilih 45 mahasiswa yang aktif dalam organisasi
selama 1 periode atau 2 semester semasa kuliahnya dan bersedia menjadi
responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling incidental. Data
tentang keaktifan berorganisasi dan konsep diri mahasiswa diambil dengan
metode angket, sedangkan prestasi belajar mahasiswa diambil dengan metode
dokumentasi yaitu dengan indeks prestasi kumulatif pada kartu hasil studi (KHS).
Analisis data menggunakan uji persyaratan dan regresi linier.
Hasil analisis menunjukkan bahwa keaktifan berorganisasi mahasiswa
Program Studi Pendidikan Fisika tergolong sedang sebesar 37,79%, konsep diri
mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika tergolong sedang sebesar 35,56%,
dan prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika tergolong tinggi
sebesar 80,00%. Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (indeks prestasi
kumulatif) mahasiswa sebesar 23,20%, terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan terhadap prestasi belajar (indeks prestasi kumulatif) mahasiswa sebesar
46,60% dan terdapat pengaruh keaktifan berorganisasi dan konsep diri terhadap
prestasi belajar (indeks prestasi kumulatif) mahasiswa sebesar 54,60%.