Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Keaktifan Berorganisasi dan Konsep Diri terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun Akademik 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Haryono, Edi
dc.date.accessioned 2018-02-13T08:13:24Z
dc.date.available 2018-02-13T08:13:24Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2481
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang sering muncul pada mahasiswa yang aktif berorganisasi seperti pembagian waktu, cara belajar juga terlalu aktifnya mahasiswa dalam organisasi, sehingga menimbulkan persepsi pada masing-masing mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh keaktifan berorganisasi dan konsep diri terhadap indeks prestasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo tahun akademik 2013/2014. Populasi penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika tahun akademik 2013/2014 dan dipilih 45 mahasiswa yang aktif dalam organisasi selama 1 periode atau 2 semester semasa kuliahnya dan bersedia menjadi responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling incidental. Data tentang keaktifan berorganisasi dan konsep diri mahasiswa diambil dengan metode angket, sedangkan prestasi belajar mahasiswa diambil dengan metode dokumentasi yaitu dengan indeks prestasi kumulatif pada kartu hasil studi (KHS). Analisis data menggunakan uji persyaratan dan regresi linier. Hasil analisis menunjukkan bahwa keaktifan berorganisasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika tergolong sedang sebesar 37,79%, konsep diri mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika tergolong sedang sebesar 35,56%, dan prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika tergolong tinggi sebesar 80,00%. Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (indeks prestasi kumulatif) mahasiswa sebesar 23,20%, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (indeks prestasi kumulatif) mahasiswa sebesar 46,60% dan terdapat pengaruh keaktifan berorganisasi dan konsep diri terhadap prestasi belajar (indeks prestasi kumulatif) mahasiswa sebesar 54,60%. en_US
dc.publisher Pendidikan Fisika-FKIP en_US
dc.subject keaktifan berorganisasi, konsep diri, indeks prestasi en_US
dc.title Pengaruh Keaktifan Berorganisasi dan Konsep Diri terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun Akademik 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account