Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas belajar fisika pada
siswa kelas X SMA Negeri 10 Purworejo. Tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran fisika di SMA Negeri 10
Purworejo melalui pembelajaran preferensi sensori.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di
SMA Negeri 10 Purworejo. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-5
SMA Negeri 10 Purworejo yang berjumlah 35 siswa yang terdiri dari 9 siswa lakilaki
dan 26 siswa perempuan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan metode observasi, metode tes siklus, dan metode angket. Analisis
pengolahan data dilakukan dengan teknik deskripsi persentase.
Hasil penelitian pada tahap pra siklus aktivitas belajar siswa adalah 39,41%,
meningkat menjadi 68,94% setelah diberi tindakan pada siklus I, dan meningkat lagi
menjadi 84,95% setelah diberi tindakan pada siklus II. Hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran melalui pembelajaran preferensi sensori dapat
digunakan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran fisika.