Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan peran aktif belajar fisika
siswa melalui penerapan startegi Think-Talk-Write di SMP Negeri 4
Karangsambung Kabupaten Kebumen.
Populasi dari Penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4
Karangsambung dengan penerapan Strategi Think-Talk-Write. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masingmasing
siklus terdiri dari (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3)
observasi dan, (4) refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 4
Karangsambung Kebumen yang berlangsung pada bulan Mei 2014. Subyek
penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014
yang berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 11 siswa putri dan 11 siswa putra.
Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan observasi. Analisis
data dilakukan menggunakan teknik persentase dengan tolak ukur peningkatan
keberhasilan sebesar 40% secara kesluruhan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi Think-Talk-Write
dalam pembelajaran fisika mampu meningkatkan peran aktif pembelajar fisika
siswa SMP Negeri 4 Karangsambung. Peran aktif dalam belajar fisika siswa
meningkat pada pra siklus 39,60% meningkat menjadi 71,98% secara
keseluruhan, setelah diberi tindakan siklus I dan meningkat menjadi 80,85%
setelah diberi tindakan siklus II secara keseluruhan. Saran yang diberikan
berdasarkan hasil penelitian adalah pembelajaran Strategi Think-Talk-Write dapat
digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran yang mengupayakan
peningkatan peran aktif siswa dalam belajar fisika.