Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Peran aktif Dalam Pembelajaran Fisika dengan Strategi Think-Talk-Write Pada Siswa SMP Negeri 4 Karangsambung Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Indarto
dc.date.accessioned 2018-02-13T08:20:51Z
dc.date.available 2018-02-13T08:20:51Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2489
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan peran aktif belajar fisika siswa melalui penerapan startegi Think-Talk-Write di SMP Negeri 4 Karangsambung Kabupaten Kebumen. Populasi dari Penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Karangsambung dengan penerapan Strategi Think-Talk-Write. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masingmasing siklus terdiri dari (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan, (4) refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 4 Karangsambung Kebumen yang berlangsung pada bulan Mei 2014. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 11 siswa putri dan 11 siswa putra. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan observasi. Analisis data dilakukan menggunakan teknik persentase dengan tolak ukur peningkatan keberhasilan sebesar 40% secara kesluruhan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi Think-Talk-Write dalam pembelajaran fisika mampu meningkatkan peran aktif pembelajar fisika siswa SMP Negeri 4 Karangsambung. Peran aktif dalam belajar fisika siswa meningkat pada pra siklus 39,60% meningkat menjadi 71,98% secara keseluruhan, setelah diberi tindakan siklus I dan meningkat menjadi 80,85% setelah diberi tindakan siklus II secara keseluruhan. Saran yang diberikan berdasarkan hasil penelitian adalah pembelajaran Strategi Think-Talk-Write dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran yang mengupayakan peningkatan peran aktif siswa dalam belajar fisika. en_US
dc.publisher Pendidikan Fisika-FKIP en_US
dc.subject Peran Aktif, Think-Talk-Write en_US
dc.title Peningkatan Peran aktif Dalam Pembelajaran Fisika dengan Strategi Think-Talk-Write Pada Siswa SMP Negeri 4 Karangsambung Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account