Abstract:
Penelitian ini merupakan jenis penelitian 4D model. Prosedur penelitian
mengadaptasi dari Thiagrajan dengan empat langkah pengembangan yaitu define,
desaign, develop dan dessiminate. Penelitian dilakukan di MAN Kutowinangun,
pada bulan Maret 2014 sampai Juli 2014. Subyek penelitian yang digunakan
adalah siswa kelas X-3 MA Kutowinangun Tahun Pelajaran 2014/2015 yang
berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi,
wawancara,angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah
Percentage Agreement (PA).
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh panduan laboratory work yang
dikembangkan dalam penelitian ini. Menurut ketiga validator mendapatkan skor
73,66 berkategori “baik”, sehingga dapat digunakan sebagai panduan laboratory
work fisika. Kriteria kelayakan panduan laboratory work ditinjau dari
keterlaksanaan siswa mendapatkan skor rerata 4,12 dengan kategori sangat baik.
Respon siswa mendapatkan skor 67,85 dengan kategori sangat baik. Rerata nilai
siswa dengan menggunakan panduan laboratory work mencapai 8,05. Dengan
demikian panduan laboratory work layak digunakan sebagai panduan siswa yang
dapat mengoptimalkan karakter siswa dengan skor 63,05 dengan kategori sangat
baik.