Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Starter Eksperimen

Show simple item record

dc.contributor.author Rahmawati, Mitra Dewi
dc.date.accessioned 2018-02-13T08:23:50Z
dc.date.available 2018-02-13T08:23:50Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2493
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana menganalisis dan hasil analisis aspek keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Fisika materi Kalor dan Perpindahannya dengan pendekatan Starter Eksperimen. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Karanganyar pada kelas VII semester genap tahun ajaran 2013/2014, menggunakan metode deskriptif yang diarahkan untuk memperoleh informasi mengenai keterampilan berpikir kritis pada indikator apa saja yang muncul serta melihat seberapa besar keterampIlan berpikir kritis siswa dapat berkembang pada pembelajaran Fisika materi Kalor dan Perpindahannya dengan pendekatan Starter Eksperimen. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 2 Karanganyar kelas VIIA yang berjumlah 32 siswa yang dibagi menjadi enam kelompok. Pengambilan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dilengkapi rubrik dengan skala rating yang telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas, dan angket siswa sebagai respon pembelajaran. Analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa dari lima indikator keterampilan berpikir kritis siswa yang diamati melalui pendekatan Starter Eksperimen, muncul dengan persentase yang bervariasi. Hasil analisis lembar observasi menunjukkan indiaktor yang memperoleh persentase terbesar adalah indikator bertanya dan menjawab pertanyaan sebesar 82,98%, indikator ini diperkuat dengan hasil analisis menggunakan angket dengan persentase tertinggi yaitu sebesar 81,64%. Aspek yang jumlah persentase rata-ratanya paling rendah yaitu pada indikator mengobservasi dan mempertimbangkan hasil observasi sebesar 72,91%. Rata-rata persentase keterampilan berpikir kritis siswa secara keseluruhan dari lember observasi menunjukkan keterampilan berpikir kritis yang dicapai siswa sebesar 75,90% dan persentase keseluruhan dari angket respon keterampilan berpikir kritis siswa sebesar 76,79%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara umum keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Kalor dan Perpindahannya dengan pendekatan Starter Eksperimen tergolong baik. Terdapat kemunculan-kemunculan kegiatan berarti yang merupakan refleksi dari kegiatan berpikir kritis siswa, baik dari individu maupun kelompok selama pembelajaran dengan pendekatan Starter Eksperimen. en_US
dc.publisher Pendidikan Fisika-FKIP en_US
dc.subject Pendekatan Starter Eksperimen, keterampilan berpikir kritis en_US
dc.title Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Starter Eksperimen en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account