Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi
pembelajaran Fisika yang diterapkan di SMA Negeri 1 Mirit. Penelitian ini
merupakan jenis penelitian kualitatif. Data yang terkumpul kemudian dianalisis
dengan menggunakan metode berfikir induktif. Adapun proses pengumpulan data
dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi, angket dan metode wawancara.
Teknik dan analisis data pada perencanaan evaluasi telah dirumuskan
dengan matang. Hal ini bisa dilihat pada program pembelajaran guru, baik pada
program semester atau silabus maupun pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
yang secara rinci mencantumkan perencanaan waktu pelaksanaan evaluasi,
pembagian evaluasi berdasarkan tujuan dan ruang lingkupnya, serta metode,
teknik dan jenis evaluasi yang akan digunakan.
Tahap pelaksanaan evaluasi pembelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Mirit,
secara umum berlangsung baik karena sesuai dengan apa yang telah direncanakan.
Hasil evaluasi pembelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Mirit secara keseluruhan
menunjukkan kategori baik. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan
informasi bagi guru, mahasiswa, para peneliti, dan semua pihak yang
membutuhkan dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran.