Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Akurasi pendekatan Classical Test Theory dan pendekatan Item Response Theory dalam menganalisis soal UAS Fisika semester genap kelas X SMA Negeri di Purworejo tahun pelajaran 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Suhariyono
dc.date.accessioned 2018-02-13T08:27:18Z
dc.date.available 2018-02-13T08:27:18Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2496
dc.description.abstract Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui: (1) reliabilitas, tingkat kesukaran dan indeks daya beda berdasarkan Classical Test Theory (2) goodnes of fit, thrushole dan indeks daya beda berdasarkan Item Response Theory (3) Standart Error of Measurement pada Classical Test Theory dan Item Response Theory. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi yaitu mengumpulkan lembar jawab UAS. Analisis menggunakan program ITEMAN dan Program BIGSTEP Hasil analisis (1) Koefisien reliabilitas untuk soal KTSP sebesar 0,806, soal kurikulum 2013 sebesar 0,576. Tingkat kesukaran untuk soal KTSP adalah sebesar 0,374, soal kurikulum 2013 adalah sebesar 0,364. Indeks daya beda untuk soal KTSP sebesar 0,370, soal kurikulum 2013 adalah sebesar 0,270 (2) Goodnes of fit soal KTSP adalah 14,29% yang tidak fit dengan model dan 85,71% yang fit dengan model, sedangkan soal kurikulum 2013 adalah 14,29% yang tidak fit dengan model dan 85,71% yang fit dengan model. Tingkat kesukaran (Thrushole) diperoleh hasil untuk soal KTSP adalah 9,1% tergolong mudah dan 90,9% tergolong sedang. Pada soal kurikulum 2013 terdapat 3,23% tergolong mudah, dan 96,77% soal tergolong sedang. Indeks daya beda soal untuk KTSP diperoleh 0,299 dan pada soal kurikulum 2013 diperoleh 0,160. (3) Standard Error of Measurement (SEM) dari program ITEMAN diperoleh untuk soal KTSP sebesar 2,48, sedang untuk soal kurikulum 2013 sebesar 2,49. Sedang dari program BIGSTEP diperoleh soal KTSP sebesar 0,12 sedangkan untuk soal kurikulum 2013 sebesar 0,16. Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa tingkat akurasi analisis menggunakan pendekatan Item Response Theory lebih tinggi daripada dengan pendekatan Item Response Theory. en_US
dc.publisher Pendidikan Fisika-FKIP en_US
dc.subject Classical Test Theory, Item Response Theory, Standar Error of Measurement. en_US
dc.title Akurasi pendekatan Classical Test Theory dan pendekatan Item Response Theory dalam menganalisis soal UAS Fisika semester genap kelas X SMA Negeri di Purworejo tahun pelajaran 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account