Abstract:
Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh
Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) terhadap motivasi dan
prestasi belajar siswa kelas VII semester genap di SMP Negeri 9 Purworejo tahun
pelajaran 2013/2014.
Teknik pengambilan sampel menggunakan metode cluster random
sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIE sebagai kelas
eksperimen dengan jumlah 30 siswa dan kelas VIIB sebegai kelas kontrol dengan
jumlah 30 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan
skala likert dan tes hasil belajar yang masing-masing sudah di uji cobakan dan
telah memenuhi syarat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda.
Analisis data menggunakan teknik deskriptif persentase.
Uji hipotesis digunakan adalah uji t dengan α=0,05 menunjukkan (1) t observe
= 13,343 > 1,67155 artinya Ho ditolak (t observe ∉DK), (2) =
t hitung 2,557 jatuh pada daerah penerimaan Ho. Hal ini menunjukkan model
pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) lebih berpengaruh terhadap hasil
belajar Fisika dari pada yang menggunakan model pembelajaran konvensional
pada pokok bahasan Perubahan Zat. Namun pada motivasi belajar siswa Fobservasi
nya 2,6648 < 4,38 (F observasi < F tablel ) keputusan uji H0 diterima. Hal ini
menunjukkan tidak ada pengaruh yang berarti pada penerapan pembelajaran
dengan model Predict, Observe, Explain (POE).