Abstract:
Telah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) guna mengetahui
implementasi performance assessment untuk pengoptimalan kinerja siswa kelas X
SMA Negeri 1 Buluspesantren Kebumen tahun pelajaran 2013/2014.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.4 SMA Negeri 1
Buluspesantren Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 30 siswa,
yang terdiri dari 8 laki-laki dan 22 perempuan. Pengumpulan data dalam
penelitian ini dilakukan dengan metode: soal tes, lembar observasi kinerja dan
angket kinerja siswa. sementara itu analisis data menggunakan teknik deskripsi
persentase.
Hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini adalah dengan
implementasi performance assessment dapat mengoptimalkan kinerja siswa. Hal
ini ditandai dengan meningkatnya nilai rata-rata persentase kinerja siswa pada
setiap siklus. Sebelum mengimplementasikan performance assessment persentase
kinerja siswa 30,78 %. Setalah mengimplementasikan performance assessment
pada siklus I meningkat menjadi 68,78 % dan pada siklus II meningkat menjadi
81,78 %. Selain itu, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Nilai ratarata
hasil belajar sebelum mengimplementasikan performance assessment 55
dengan persentase tingkat ketuntasan kelas 30 %. Setelah mengimplementasikan
performance assessment pada siklus I nilai rata-rata menjadi 65,17 dengan tingkat
persentase ketuntasan kelas 53,33 % dan pada siklus II meningkat menjadi 74,67
dengan persentase tingkat ketuntasan kelas 96,67 %. Dengan demikian, penelitian
dengan mengimplementasikan performance assessment ini dapat mengoptimalkan
kinerja siswa dengan keberhasilan rata-rata minimal menjadi 70%.