Abstract:
Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) efektivitas model pembelajaran
Two Stay Two Stray berbasis media visual untuk meningkatkan kecerdasan
interpersonal dan kemampuan analisis fisika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3
Purworejo dan (2) tingkat kecerdasan interpersonal dan kemampuan analisis
fisika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Purworejo dengan model
pembelajaran Two Stay Two Stray berbasis media visual.
Populasi penelitian semua siswa kelas XI SMA Negeri 3 Purworejo.
Sampel penelitian berjumlah 64 siswa, yang diambil secara cluster random
sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, metode
dokumentasi, dan metode angket.
Berdasarkan penelitian didapatkan rerata hasil tes kecerdasan
interpersonal kelas eksperimen 96,44% dan rerata tes kemampuan analisis
sebesar 81,72. Rerata total keterlaksanaan pembelajaran pada empat pertemuan
yaitu 3,87 dinyatakan “sangat baik” dan rerata Percentage Agreement pada
empat pertemuan 98,82% dinyatakan “sangat reliabel”. Efektivitas model
pembelajaran Two Stay Two Stray berbasis media visual menggunakan uji
deskriptif tes kecerdasan interpersonal dimensi etika sosial diperoleh thitung= -
1,791, dimensi empati thitung= -1,791, dimensi komunikasi efektif thitung= -2,396
dan tes kemampuan analisis diperoleh thitung= 5,695 jatuh pada penolakan H0.
Berdasarkan hasil tersebut maka model pembelajaran Two Stay Two Stray
berbasis media visual dapat dikatakan efektif meningkatkan kecerdasan
interpersonal dan kemampuan analisis fisika siswa.