Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa
pada pembelajaran Sistem Pemindah Tenaga melalui pembelajaran kooperatif tipe
Group Investigation (GI) siswa kelas XI TKR 1 jurusan Teknik Mekanik
Otomotif SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen.
Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian tindakan kelas
XI TKR 1 siswa SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen yang berjumlah 40
siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi dan soal tes
berbentuk pilihan ganda pada tiap siklus. Teknik analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah deskriptif.
Hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada mata pelajaran praktik
Sistem Pemindah Tenaga kelas XI TKR 1 SMK Taman Karya Madya Teknik
Kebumen.
Penelitian ini mengalami peningkatan yaitu pada kondisi awal, siklus I dan
siklus II. Rata-rata pada observasi awal yaitu 48,00 %, observasi pada siklus I
menjadi 52,16 %, dan pada siklus II menjadi 74,33 %. Kemudian pada kondisi
awal tes teori yaitu 22,5 %, setelah dilaksanakan siklus I naik menjadi 50 % dan
pada akhir siklus II naik menjadi 87,5 %. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa penerapan metode Group Investigation dapat meningkatkan kemampuan
berpikir kritis siswa dengan di tandai meningkatnya prestasi belajar teori dan
dapat juga meningkatkan keterampilan praktik mereka secara kelompok.