Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Model Pembelajaran Tari Bambu Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sapuran Tahun Pelajaran 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Chotijah, Siti
dc.date.accessioned 2018-02-13T08:41:08Z
dc.date.available 2018-02-13T08:41:08Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2510
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Tari Bambu pada kelas X SMA N 1 Sapuran. Populasi penelitian ini semua siswa kelas X SMA N 1 Sapuran berjumlah 4 kelas. Sampel penelitian berjumlah 2 kelas dengan jumlah siswa 40 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Sampel dalam penelitian berjumlah 20 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert dan tes hasil belajar yang masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Analisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t pada hasil belajar dan uji F pada kemampuan berpikir kritis. Dengan α = 0.05 menunjukkan (1) tobservasi = 6,900 > 2,02439 artinya H0 ditolak (t 0,05;38 = 1,68595; DK = t/t < -1,68595 atau t > 1,68595), (2) thitung= 1,848 dengan keputusan uji H0 ditolak (t l t > 1,72472) . Hal ini menunjukkan (1) model pembelajaran Tari Bambu memberikan hasil belajar fisika yang lebih baik daripada model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan Elastisitas dan Hukum Hooke; (2) model pembelajaran Tari Bambu berpengaruh terhadap hasil belajar. Dari hasil penghitungan menggunakan uji F diperoleh Fobservasi = 135.05 yang artinya H0 ditolak (DK = {F | F > 5,59}). Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Tari Bambu berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. en_US
dc.publisher Pendidikan Fisika-FKIP en_US
dc.subject Tari Bambu, Hasil Belajar, Berpikir Kritis. en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Tari Bambu Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sapuran Tahun Pelajaran 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account