Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa
antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol sesudah dilaksanakan pembelajaran
dengan penggunaan model learning cycle kompetensi pemeliharaan/perbaikan
sistem pengapian Program Keahlian Teknik Otomotif Kendaraan Ringan di SMK
Yudya Karya Magelang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan
desain penelitian True Eksperimental Control Group. Populasi yang digunakan
dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Yudya Karya Magelang dengan
jumlah 156 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik Simple Random
Sampling. Jumlah sampel sebanyak 60 siswa yang terbagi dalam kelompok
eksperimen yaitu kelas XI OB dan kelompok kontrol yaitu kelas XI OA dengan
jumlah masing-masing kelompok sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes. Validitas instrumen ini
melalui pendapat para ahli (experts judgement). Reliabilitas instrumen diuji
dengan menggunakan rumus KR 20. Analisis data yang digunakan untuk
menganalisis data hasil penelitian adalah statistik deskripsi dan uji beda (t-test)
dengan bantuan komputer program Microsoft office Excel 2007.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa ada
perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa kelas yang diberikan model
pembelajaran learning cycle (kelas eksperimen) dan kelas yang diberi model
pembelajaran model ceramah (kelas kontrol). Hal tersebut dibuktikan dengan hasil
thitung lebih besar ttabel yaitu sebesar 2,951 > 1,699 dengan perolehan rerata kelas
eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu sebesar 74,22 > 66,11. Dengan
demikian penggunaan model pembelajaran learning cycle memberikam pengaruh
positif terhadap hasil belajar siswa.