Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR OTOMOTIF DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK TAMAN KARYA MADYA TEKNIK KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Khayun
dc.date.accessioned 2018-02-13T08:49:03Z
dc.date.available 2018-02-13T08:49:03Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2518
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar otomotif terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII program keahlian teknik kendaraan ringan SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen, (2) untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII program keahlian teknik kendaraan ringan SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen, (3) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar otomotif dan lingkungan belajar terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII program keahlian teknik kendaraan ringan SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen. Hipotesis dalam penelitian ini adalah : (1) motivasi belajar otomotif berpengaruh positif terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII program keahlian teknik kendaraan ringan SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen sebesar 0,220, (2) lingkungan belajar berpengaruh positif terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII program keahlian teknik kendaraan ringan SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen sebesar 0,209, (3) secara bersama–sama motivasi belajar otomotif dan lingkungan belajar berpengaruh positif terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII program keahlian teknik kendaraan ringan SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XII program keahlian teknik kendaraan ringan SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen yang berjumlah 511 orang siswa. Sedangkan sampelnya berjumlah 180 siswa di mana dalam menentukan sampel tersebut menggunakan tabel Kretjie. Angket diuji coba di SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen. Pada penelitian ini terdapat tiga variabel yaitu : motivasi belajar otomotif dan lingkungan belajar sebagai variabel bebas dan kesiapan kerja sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan ini menggunakan metode dokumentasi untuk mengungkap data prestasi belajar kejuruan otomotif, sedangkan untuk motivasi belajar otomotif dan lingkungan belajar menggunakan metode angket. Untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket menggunakan korelasi product moment dan rumus alpha Cronbach. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik korelasi parsial dan regresi ganda. Berdasarkan analisis ditemukan bahwa Motivasi Belajar Otomotif dan Lingkungan Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja baik secara sendiri-sendiri maupun bersama–sama. Dengan demikian jelaslah bahwa semakin tinggi Motivasi Belajar Otomotif dan Lingkungan Belajar maka semakin tinggi pula Kesiapan Kerja, dan sebaliknya semakin rendah Motivasi Belajar Otomotif dan Lingkungan Belajar maka semakin rendah pula Kesiapan Kerja siswa. en_US
dc.publisher PTO-FKIP en_US
dc.subject Motivasi Belajar, Lingkungan Belajar dan Kesiapan Kerja en_US
dc.title PENGARUH MOTIVASI BELAJAR OTOMOTIF DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK TAMAN KARYA MADYA TEKNIK KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account