Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Fisika Kelas X Menggunakan Model Problem Posing Learning Di SMA Negeri 1 Petanahan Tahun Pelajaran 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Widiarti, Intan
dc.date.accessioned 2018-02-13T08:50:34Z
dc.date.available 2018-02-13T08:50:34Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2519
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA Negeri 1 Petanahan Kebumen. Hal ini ditunjukkan dengan sikap beberapa peserta didik yang masih kurang aktif dalam pembelajaran, mengajukan pertanyaan tentang materi pelajaran yang belum dimengerti dan memecahkan masalah yang diberikan. Selain itu, sebagian besar peserta didik kurang fokus saat guru menjelaskan materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui model problem posing learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Petanahan. Subyek peneliwtian adalah 29 peserta didik dari kelas X SOS 1. Penelitian ini dilakukan pada bulan April-Mei tahun 2014 pada pokok bahasan Alat-alat Optik. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket, observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model problem posing learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hal ini dilihat dari data hasil observasi kemampuan berpikir kritis peserta didik, diperoleh persentase 40,80% pada pra siklus, meningkat menjadi 60,63% pada siklus I dan menjadi 75,86% pada siklus II. Hasil tes kemampuan berpikir kritis peserta didik juga mengalami peningkatan dari skor awal 55,10% menjadi 67,93% pada siklus I dan 78,45% pada siklus II. Kemampuan berpikir kritis peserta didik juga dilihat dengan peningkatan hasil angket dari 39,37% pada pra siklus, 54,31% pada siklus I dan 71,55% pada siklus II. en_US
dc.publisher Pendidikan Fisika-FKIP en_US
dc.subject Problem Posing Learning, Berpikir Kritis. en_US
dc.title Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Fisika Kelas X Menggunakan Model Problem Posing Learning Di SMA Negeri 1 Petanahan Tahun Pelajaran 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account