Abstract:
Telah dilakukan penelitian pengembangan produk penilaian unjuk kerja
untuk mengukur keterampilan psikomotorik siswa pada pembelajaran fisika siswa
SMA kelas X mengenai pokok bahasan Alat Optik. Sebagai subyek penelitian
adalah siswa kelas X-MIA 1 SMA Negeri 5 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014
yang berjumlah 24 siswa.
Pengembangan penilaian unjuk kerja untuk mengukur keterampilan
psikomotorik ini menggunakan model penelitian 4-D dengan tahapan
pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop),
pendiseminasian (Disseminate) terbatas sampai sekolah tempat penelitian.
Penelitian ini difokuskan pada penyusunan lembar penilaian unjuk kerja untuk
mengukur keterampilan psikomotorik siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan
metode observasi, angket dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini dengan uji validitas dan reliabilitas. Tingkat ketercapaian penilaian
psikomotorik ini ditunjukkan oleh persentase yang diperoleh siswa untuk masingmasing
aspek yang diukur.
Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa instrumen penilaian
psikomotorik terdiri dari rubrik dan lembar pengamatan yang valid, reliabel dan
baik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rerata skor dari ahli materi sebesar
3,31 dan guru Fisika sebesar 3,47 dengan interpretasi “baik” sehingga instrumen
penilaian ini layak digunakan sebagai instrumen pembelajaran dengan sedikit
revisi. Rerata keterlaksanaan pembelajaran dari dua observer 3,33 dengan
interpretasi “baik”. Tingkat ketercapaian yang diperoleh penilaian psikomotorik
siswa yaitu sebesar 76% dengan rerata 3,03 pada praktikum pembiasan cahaya
pada lensa dan 68% dengan rerata 2,72 pada praktikum prinsip kerja pada
teropong. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh bahwa penilaian
psikomotorik siswa yang dikembangkan termasuk dalam kategori baik serta dapat
mengukur kemampuan psikomotorik siswa dalam pembelajaran fisika SMA.