Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotorik pada Pelaksanaan Praktikum Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Purworejo

Show simple item record

dc.contributor.author Yuniarti, Budi
dc.date.accessioned 2018-02-13T08:53:59Z
dc.date.available 2018-02-13T08:53:59Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2523
dc.description.abstract Telah dilakukan penelitian pengembangan produk penilaian unjuk kerja untuk mengukur keterampilan psikomotorik siswa pada pembelajaran fisika siswa SMA kelas X mengenai pokok bahasan Alat Optik. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas X-MIA 1 SMA Negeri 5 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 24 siswa. Pengembangan penilaian unjuk kerja untuk mengukur keterampilan psikomotorik ini menggunakan model penelitian 4-D dengan tahapan pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop), pendiseminasian (Disseminate) terbatas sampai sekolah tempat penelitian. Penelitian ini difokuskan pada penyusunan lembar penilaian unjuk kerja untuk mengukur keterampilan psikomotorik siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, angket dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan uji validitas dan reliabilitas. Tingkat ketercapaian penilaian psikomotorik ini ditunjukkan oleh persentase yang diperoleh siswa untuk masingmasing aspek yang diukur. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa instrumen penilaian psikomotorik terdiri dari rubrik dan lembar pengamatan yang valid, reliabel dan baik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rerata skor dari ahli materi sebesar 3,31 dan guru Fisika sebesar 3,47 dengan interpretasi “baik” sehingga instrumen penilaian ini layak digunakan sebagai instrumen pembelajaran dengan sedikit revisi. Rerata keterlaksanaan pembelajaran dari dua observer 3,33 dengan interpretasi “baik”. Tingkat ketercapaian yang diperoleh penilaian psikomotorik siswa yaitu sebesar 76% dengan rerata 3,03 pada praktikum pembiasan cahaya pada lensa dan 68% dengan rerata 2,72 pada praktikum prinsip kerja pada teropong. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh bahwa penilaian psikomotorik siswa yang dikembangkan termasuk dalam kategori baik serta dapat mengukur kemampuan psikomotorik siswa dalam pembelajaran fisika SMA. en_US
dc.publisher Pendidikan Fisika-FKIP en_US
dc.subject penilaian unjuk kerja, psikomotorik en_US
dc.title Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotorik pada Pelaksanaan Praktikum Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Purworejo en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account