Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) untuk mengetahui bagaimana
peningkatan hasil belajar standar kompetensi menggunakan alat ukur melalui
penerapan metode proyek kelompok di SMK Nawa Bhakti Kebumen Tahun
2012/2013, dan (2) untuk mengetahui bagaimana pengaruh peningkatan hasil
belajar standar kompetensi menggunakan alat ukur melalui penerapan metode
proyek kelompok di SMK Nawa Bhakti Kebumen Tahun 2012/2013.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Populasi yang
digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X kompetensi keahlian
Teknik Kendaraan Ringan (TKR) A SMK Nawa Bhakti Kebumen tahun pelajaran
2012/ 2013 yang berjumlah 41 siswa. Cara pengambilan sampel dalam penelitian
ini dilakukan dengan teknik Sampling Jenuh, yaitu teknik pengambilan sampel
dimana seluruh populasi menjadi sampel penelitian. Sampel penelitian ini adalah
kelas X TKR A. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi.
Adapun analisis ujicoba instrumen menggunakan analisis butir soal, uji validitas
instrumen dan uji reliabilitas instrumen. Teknik analisis data menggunakan
metode deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: penerapan metode
proyek kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKR A SMK
Nawa Bhakti Kebumen. Hal iti dapat dilihat dari peningkatan rata-rata nilai hasil
belajar pada pra siklus sebesar 73.41, pada siklus 1 sebesar 82.2 dan pada sisklus
2 sebesar 87.32. Selain itu juga dilihat dari peningkatan ketuntasan belajar siswa
kelas X TKR A pada pra siklus sebanyak 17 siswa (7.02%), pada siklus 1
sebanyak 17 siswa (41,46%) dan pada sisklus 2 sebanyak 41 siswa (100%).