Abstract:
Latar belakang penelitian ini adalah perlu dikembangkannya buku
petunjuk praktikum untuk mengoptimalkan hands on, sehingga tujuan penelitian
ini adalah mengembangkan buku petunjuk praktikum fisika berbasis guided
inquiry untuk mengoptimalkan hands on mahasiswa semester II.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian (R&D). Prosedur penelitian
mengadaptasi dari model Borg & Gall dengan tujuh tahap pengembangan.
Penelitian dilakukan di Laboratorium Universitas Muhammadiyah Purworejo,
pada bulan Maret sampai Juli 2014. Subjek penelitian yang digunakan adalah
mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Fisika Tahun Akademik
2013/2014 yang berjumlah 24 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan
metode wawancara, observasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan
adalah analisis diskriptif persentase.
Hasil penelitian berupa cara pengembangan buku petunjuk praktikum
berbasis guided inquiry melalaui tahap-tahap: menentukan potensi dan masalah ,
pengumpulan data awal, desain buku petunjuk praktikum, validasi buku petunjuk
praktikum, revisi I, uji coba terbatas, dan revisi II. Pada tahap uji coba terbatas
diperoleh hasil: 1) buku petunjuk praktikum berbasis guided inquiry diyatakan
layak berdasarkan validator sebesar 89%; 2) buku petunjuk praktikum berbasis
guided inquiry diimplementasikan dengan baik dalam kegiatan praktikum
berdasarkan penilaian observer sebesar 85%; 3) buku petunjuk praktikum berbasis
guided inquiry cukup mengoptimalkan hands on mahasiswa berdasarkan penilaian
observer sebesar 84%.