Abstract:
Telah dilakukan penelitian dan pengembangan modul fisika yang bertujuan
untuk mengoptimalkan life skills siswa serta untuk mengetahui kelayakan modul
sebagai bahan ajar fisika. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas
X MS-2 SMA Negeri 1 Petanahan Tahun Pelajaran 2013/ 2014 yang berjumlah 30
siswa yang terdiri dari 22 putri dan 8 putra.
Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development
(R&D). Produk yang dikembangkan adalah modul fisika berbasis project based
learning dengan materi mengenai alat-alat optik. Pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan metode observasi dan metode angket. Data yang
diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan
analisis deskriptif kualitatif dan statistik.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rerata skor hasil validasi modul dari
dosen ahli 76 skor (86,36%), dari guru fisika 85,5 skor (97,16%), dan dari teman
sejawat 80 skor (90,91%). Dari ketiga hasil validasi tersebut diperoleh rerata skor
untuk modul sebesar 80,6 skor (91,59%). Dari hasil validasi tersebut dapat
diartikan bahwa modul memiliki kelayakan isi yang baik, bahasa yang mudah
dipahami, mengandung langkah-langkah project based learning dan tampilan
secara umum menarik sehingga dapat membantu siswa dalam mencapai
pemahaman materi alat-alat optik dan mengoptimalkan life skills siswa.
Kelayakan modul dapat ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran dan respon
siswa terhadap modul. Keterlaksanaan pembelajaran selama empat kali pertemuan
diperoleh rerata skor 110,5 skor (92,08%) dari dua observer termasuk kategori
sangat baik. Data pengoptimalan life skills diperoleh dari lembar observasi yang di
isi oleh observer. Dari hasil observasi tersebut diperoleh rerata skor 101,33 skor
(84,44%) termasuk kategori sangat baik. Respon siswa terhadap produk yang
dikembangkan diperoleh kriteria sangat setuju 42,17% dan setuju 53,17%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul berbasis project based
learning untuk mengoptimalkan life skills siswa hasil pengembangan layak
digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran fisika pada pokok alat-alat
optik.