Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh kemandirian belajar
dalam metode eksperimen berbasis verifikasi terhadap hasil belajar IPA Fisika kelas
VII semester genap SMP N 2 Wonosobo, (2) Mengetahui pengaruh skap ilmiah
dalam metode eksperimen berbasis verifikasi terhadap hasil belajar IPA Fisika VII
semester genap SMP N 2 Wonosobo, (3) Mengetahui pengaruh kemandirian belajar
dan sikap ilmiah dalam metode eksperimen berbasis verifikasi terhadap hasil belajar
IPA Fisika VII semester genap SMP N 2 Wonosobo.
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2
Wonosobo, dan sampelnya adalah 33 siswa dari kelas VIIE. Data dalam penelitian ini
dikumpulkan dengan teknik angket, lembar observasi, dan tes. Sampel dalam
penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data
menggunakan analisis regersi linear ganda denga taraf signifikan 5%.
Hasil analisis deskripsi menunjuka bahwa ada pengaruh kemandirian belajar
terhadap hasil belajar IPA Fiska sebesar 47,0%, ada pengaruh sikap ilmiah siswa
terhadap hasil belajar IPA Fisika sebesar 59,9% dan ada pengaruh kemandirian
belajar dan sikap ilmiah secara bersama-sama sebesar 62,3%.