dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada korelasi yang positif dan signifikan antara sertifikasi guru dengan kinerja guru di SD Negeri di Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara.
Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Solvin dari populasi 132 siswa diambil sampel 57 siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan metode angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 85,96% guru puas dengan memperoleh sertifikasi dan 14,04% cukup puas dengan memperoleh sertifikasi sedangkan 49,12% kinerja guru termasuk kategori sangat tinggi dan 49,12% termasuk kategori tinggi. Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa sertifikasi guru (X) berkorelasi positif dan signifikan terhadap kinerja guru (Y) sebesar 0, 798 dengan tingkat signifikansi (α) < 0,05 dan sumbangan efektivitasnya sebesar 36,60%. Dari hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa besarnya koefisien korelasi tersebut termasuk dalam kategori kuat. Semakin puas sertifikasi yang diterima guru, maka semakin baik pula kinerja guru, sebaliknya semakin tidak puas sertifikasi yang diterima guru, maka semakin buruk pula kinerja guru. Adapun saran yang penulis ajukan adalah: 1) Bagi guru, sertifikasi guru hendaknya diimbangi dengan peningkatan kinerja guru dan peningkatan peran guru dalam pembelajaran, 2) Bagi kepala sekolah, hendaknya melakukan supervisi secara rutin terhadap kinerja guru. Sehingga kinerja guru akan terukur dengan jelas, 3) Bagi Dinas Pendidikan setempat perlu memaksimalkan peran forum guru seperti KKG dan MGMP.. |
en_US |