Abstract:
Telah dilakukan penelitian pengembangan laboratory work dengan problem
solving approach untuk mengoptimalkan domain kognitif pada siswa kelas XI
IPA SMA Negeri 8 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini
merupakan jenis penelitian R&D (Research & Development). Sebagai subjek uji
coba terbatas dalam penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas XI IPA-2
SMAN 8 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/ 2013 yang berjumlah 26 siswa.
Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara,
observasi dan metode angket.
Berdasarkan analisis data validasi dari empat validator yaitu dosen ahli
dan guru fisika diperoleh rata-rata total skor unuk validasi RPP laboratory work
sebesar 88 dengan precentage agreement 93,98 %. Hal ini menunjukkan bahwa
kualitas RPP laboratory work termasuk dalam kategori sangat baik dan Reliabel.
Rerata total skor validasi panduan laboratory work sebesar 40,75 dengan
precentage agreement 92,04 % termasuk dalam kategori baik dan reliabel serta
dapat digunakan dalam proses pembelajaran setelah dilakukan sedikit revisi.
Keterlaksanaan pembelajaran selama dua kali pertemuan oleh dua observer
diperoleh rerata skor sebesar 55,25 dengan precentage agreement 98,44 %,
termasuk kategori baik dan reliabel. Respon siswa terhadap panduan laboratory
work yang dikembangkan adalah sangat setuju dengan skor total 1282 sehingga
dapat diartikan bahwa Panduan laboratory work yang dikembangkan menarik dan
dapat mengoptimalkan domain kognitif siswa. Panduan laboratory work yang
dikembangkan mampu mengoptimalkan domain kognitif pada siswa kelas XI IPA
dengan kategori baik. Hal ini didasarkan pada rerata skor jawaban pada panduan
laboratory work sebesar 912,5 dan rata-rata kelas pada hasil post-test domain
kognitif sebesar 79,04 yang telah melebihi batas KKM. Berdasarkan hal di atas,
laboratory work dengan problem solving approach untuk mengoptimalkan
domain kognitif siswa yang dikembangkan dalam penelitian ini dapat di
kategorikan layak dan dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran
fisika.